Rabu, 16 September 2015

Pendaftaran Pengurus DKB Diperpanjang untuk Tiga Komisi Kesenian (Tari, Musik dan Sinematografi)


Kawan-kawan seniman Banten, kami atas nama Panitia Seleksi Pengurus Dewan Kesenian Banten mengucapkan terima kasih karena sesuai dengan batas akhir pendaftaran pengurus DKB (16/09), sudah ada 23 orang calon pengurus DKB yang berpartisipasi. Bagi kami persoalan kuantitas bukanlah parameter keberhasilan. Justru dengan 23 nama yang berani tampil untuk mendaftarkan diri dan ditopang oleh rekomendasi dari komunitas/ sanggar kesenian di Banten adalah hasil dari seleksi alam dan anugerah bagi Banten atas kepedulian para seniman untuk berperan aktif membangun wadah bersama bernama DKB.

Sore hingga malam tadi, kami panitia seleksi DKB langsung melakukan verifikasi administratif. Awalnya, kami berharap dalam waktu dekat bisa mengumumkan siapa saja yang lolos seleksi administratif. Namun setelah kami membaca latar belakang para seniman yang mendaftarkan diri, ada sedikit persoalan yang perlu kami sampaikan.

Sebagaimana diketahui oleh kawan-kawan seniman, berdasarkan SK yang kami dapatkan, tugas dari Panitia Seleksi adalah meloloskan tujuh nama yang akan duduk di kepengurusan DKB yang terdiri atas Ketua dan enam komisi kesenian yaitu komisi sastra, teater, seni rupa, musik, tari dan sinematografi (film dan fotografi). Kami berharap seniman yang nantinya akan menjadi pengurus adalah seniman yang ahli dan memiliki kapasitas di bidangnya masing-masing. Namun berdasarkan data yang masuk, ada tiga komisi kesenian yang masih kosong (belum ada pendaftar) yaitu komisi musik, tari dan sinematografi. Sementara tiga komisi lain seperti sastra, seni rupa dan teater sudah cukup representatif mewakili kabupaten kota dan komunitas. Atas dasar itulah, kami, panitia seleksi pengurus DKB memutuskan untuk mememperpanjang waktu pendaftaran selama 1 minggu (17-23 September 2015) bagi kawan-kawan seniman berdasarkan latar belakang tari, musik dan sinematografi. Sementara bagi komisi sastra, teater dan seni rupa tidak dilakukan perpanjangan waktu (pendaftaran ditutup).

Dengan perpanjangan waktu bagi tiga komisi tersebut, maka kami akan mengumumkan lolos seleksi administrasi pada tanggal 26 September 2015.

Setelah lolos seleksi administrasi, pada tanggal 1 Oktober 2015, pukul 09.00-selesai, bertempat di Disbudpar provinsi Banten, akan diselenggarakan seleksi tertulis dan seleksi presentasi. Seleksi tertulis yang dimaksud adalah proses penilaian berdasarkan makalah berupa visi misi yang ditulis oleh calon pengurus DKB. Jadi setiap calon pengurus DKB wajib mengumpulkan satu buah makalah yang akan dinilai. Sementara seleksi presentasi adalah proses penilaian berdasarkan presentasi dari calon pengurus yang dibuat dalam bentuk power point. Pada seleksi presentasi ini panitia seleksi akan melakukan tanya-jawab sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Demikian pengumuman ini kami buat. Kami mohon maaf jika ada perubahan waktu dari pengumuman sebelumnya dan terima kasih atas segala perhatian.

Serang, 16 September 2015
Panitia Seleksi Pengurus Dewan Kesenian Banten

Firman Venayaksa (Ketua),
Indra Kusumah (Wakil Ketua),
Gol A Gong (Anggota),
Wowok Hesti Prabowo (Anggota),
Trip Umiyuki (Anggota),
Jarwo (Anggota),
Iroh Siti Zahroh (Anggota)
Usman C Noer (Anggota)  

 --------------------------------------
Persyaratan Administratif:

1. Biodata seniman, lengkap dengan kegiatan-kegiatan kesenian yang diikuti/ karya.
2. Fotokopi KTP
3. Usia 25-55 tahun
4. Pas foto 4x6 lembar
5. Rekomendasi dari komunitas kesenian atau Dewan Kesenian di daerahnya.
6. Surat Pernyataan Tidak Menggunakan Narkoba
7. Surat pernyataan tidak terlibat sebagai pengurus partai politik
8. Surat pernyatan kesediaan mengundurkan diri dari organisasi sejenis jika terpilih 
sebagai pengurus DKB.
9. Mengisi formulir pendaftaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar